Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Cari Blog Ini

Senin, 09 Juni 2014

Kalicilik Desa Open Tembakau

Bojonegoro - Musim kemarau diartikan  musim paceklik/musim susah namun tidak untuk desa kami. Kalicilik selain memiliki tanah yang subur juga mempunyai  tempat untuk mengeringkan tembakau! orang-orang sekitar biasa menyebutnya “open”. Di desa kami memiliki sekitar 6 pengusaha open yang lokasinya tersebar dibeberapa dukuh diantaranya : Brumbung, Putuk Lor,Putuk Kidul dan Kalicilik. Hal ini merupakan berkah tersendiri bagi para petani, karena saat pagi sampai siang mereka pergi kesawah untuk merawat tembakau malam harinya mereka bisa pergi ke open untuk congok. Congok merupakan proses pemilahan daun tembakau kualitas bagus dengan kualitas kurang bagus kemudian baru dimasukan ke dalam open untuk proses pengapian. Menurut Solikin salah satu pengusaha dan sekaligus Kepala Desa Kalicilik menuturkan untuk proses congok dan pengapian itu sendiri dibutuhkan banyak sekali tenaga. Dalam satu kali proses congok dan pengapian minimal membutuhkan 15 orang per opennya.  
=Dederan Tembakau=

5 komentar:

  1. Congok itu bukan proses pemilahan daun tetapi congok itu merupakan suatu alat untuk menusuk daun tembakau untuk memudahkan pengeringan di dalam open/tempat pengering tembakau

    BalasHapus
  2. Terima kasih Bapak Rubby atas perhatian anda, kami akan selalu berbenah dan memberikan yang terbaik. Cayoooo!!!!!!! (y)

    BalasHapus
  3. great........
    semoga kedepannya industri tembakau di desa kalicilik semakin maju,sehingga dapat menyerap tenaga kerja lokal kalicilik untuk mengurangi arus urbanisasi yang kian deras.

    BalasHapus
  4. semoga dapat menyerap banyak tenaga kerja...

    BalasHapus
  5. Luar biasa..... Terima kasih untuk KIM Kalicilik (Sukosewu) yang sudah berupaya mengUpdate segala informasinya. Thank for all friend....

    BalasHapus

Terima Kasih Telah Berkunjung! Sebelum Meninggalkan Blog Ini Jangan Lupa Memberikan Saran Agar Kami Menjadi Lebih Maju